9 Makanan Ini Bisa Menjaga Suasana Hati Anda Lebih Tenang

KOMPASCOM – Berapa banyak dari kita benar-benar menyadari fakta bahwa makanan yang kita makan memengaruhi suasana hati kita. Makanan yang kita makan tidak hanya memengaruhi kesehatan mental kita, tetapi juga memainkan peran utama dalam membentuk kesehatan fisik kita.

Makanan meningkatkan mood dengan dua cara yakni memengaruhi bahan kimia dalam otak dan dengan memengaruhi tingkat gula darah untuk meningkatkan jumlah energi.

Makanan untuk mengangkat suasana hati (mood enhancer) adalah makanan yang bisa membantu menjaga Anda dalam suasana hati yang baik dan mereduksi tingkat stres.

 

Berikut 9 Makanan Ini Bisa Menjaga Suasana Hati Anda Lebih Tenang :

 

1. Biji gandum

Image result for Biji gandum

Biji gandum yang mengandung karbohidrat dengan pilihan biji-bijian yang penuh protein.

 

2. Jamur

Image result for Jamur

Meskipun matahari adalah cara terbaik untuk mendapatkan vitamin D (diikuti oleh makanan laut seperti ikan berlemak seperti salmon) ke dalam sistem Anda, jika Anda seorang vegan atau vegetarian, ini adalah salah satu sumber alami terbaik untuk mendapatkan vitamin D.

 

3. Coklat hitam

Image result for Coklat hitam

Cokelat (varian gelap) memiliki antioksidan dan flavonoid yang tidak hanya biaa meningkatkan mood Anda tetapi juga melawan depresi dengan meningkatkan aliran darah ke otak Anda. Pastikan saja Anda memilih satu yang memiliki lebih dari 70 persen kakao.

 

4. Kopi

Image result for Kopi

Kopi tidak hanya memberi Anda dorongan energi di pagi hari atau ketika mengalami kemerosotan di siang hari, kopi juga bisa membantu Anda memerangi depresi dan kecemasan.

 

5. Kenari mentah

Image result for Kenari mentah

Magnesium adalah mineral yang mempromosikan tidur alami serta mengurangi gejala depresi. Menambahkan sekitar setengah cangkir kenari setiap hari bisa meningkatkan suasana hati secara signifikan dalam beberapa minggu.

 

6. Teh hijau

Image result for Teh hijau

Teh hijau telah diketahui bisa meningkatkan antioksidan dan sifat melawan kanker. Kafein dalam teh hijau, juga senyawa yang disebut epigallocatechin-3-gallate telah terbukti memperbaiki suasana hati seseorang.

 

7. Berries

Image result for Berries

Blueberry, stroberi, raspberry dan semua jenis buah berry lainnya mengandung vitamin dan mineral, terutama dengan anthocyanidin flavonoid, yang bisa menurunkan peradangan yang terkait dengan depresi.

 

8. Makanan dengan probiotik

Image result for Makanan dengan probiotik

Makanan yang mengandung probiotik, seperti kefir, yoghurt, sauerkraut mengandung bakteri yang hidup di dalam usus dan membantu pencernaan, sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh dan membersihkan usus juga.

 

9. Tiram

Image result for Tiram

Seng dan vitamin dalam tiram lebih dari sekedar meningkatkan libido. Mineral ini memainkan peran penting dalam meningkatkan memori Anda serta suasana hati Anda.

Mineral lain seperti omega-3, zat besi, kalium dan magnesium semuanya menunjukkan manfaat meningkatkan suasana hati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *