Inilah Manfaat Bunga Matahari yang Jarang Orang Tahu

Inilah Manfaat Bunga Matahari yang Jarang Orang Tahu
Inilah Manfaat Bunga Matahari yang Jarang Orang Tahu
Inilah Manfaat Bunga Matahari yang Jarang Orang Tahu

KOMPASCOM Inilah Manfaat Bunga Matahari yang Jarang Orang Tahu. Selain rupanya yang cantik bunga dengan nama latin Helianthus Annuus juga bisa memberi banyak keuntungan bagi kehidupan. Mungkin sebagian dari kamu masih ada yang belum tahu mengenai manfaat dari bunga yang satu ini. Nutrisi yang terkandung dalam bunga matahari tergolong cukup lengkap.
Bunga matahari termasuk salah satu sumber vitamin E yang jumlahnya sangat melimpah. Selain itu bunga ini juga memiliki kandungan mineral yang sangat di butuhkan oleh tubuh seperti fosfor natrium kalium kalsium magnesium dan masih banyak lagi.

Berikut Inilah Manfaat Bunga Matahari yang Jarang Orang Tahu.

1. Salah satu tanaman hias penghasil minyak terbaik


Bunga berwarna kuning cerah ini merupakan salah satu tanaman yang bagian bijinya dapat menghasilkan minyak dengan segudang manfaat. Minyak dari tanaman hias ini biasanya lebih sering di gunakan dalam bidang kecantikan. Mulai dari perawatan wajah rambut hingga kulit.
Tidak sampai di situ minyak biji bunga matahari ini juga baik di konsumsi untuk campuran salad atau sebagai minyak goreng. Karena mengandung asam linoleat yang bagus untuk tubuh.

2. Dapat dijadikan menu untuk program diet


Selain untuk kecantikan bagian biji pada bunga matahari ini juga dapat di konsumsi sebagai santapan diet. Kandungan protein nabati dan serat yang terdapat pada bunga matahari ini mampu mengontrol rasa lapar. Sehingga kamu akan mudah kenyang di banding mengkonsumsi hidangan yang mengandung karbohidrat atau lemak.

3. Obat tradisional yang cukup ampuh


Bagian akar hingga kelopak dari bunga matahari dapat di jadikan sebagai obat-obatan herbal untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Mulai dari mengurangi rasa nyeri akibat menstruasi kram otot mencegah penyakit diabetes mengatasi sembelit sampai radang payudara. Dapat di atasi dengan mengkonsumsi rebusan air dari bunga matahari yang dicampur dengan tumbuhan herbal lainnya.

4. Bisa untuk pakan ternak atau pengganti pupuk


Daun tunggal dengan ukuran lebar dari bunga matahari ini bisa di panen sebagai pakan ternak. Akan lebih bagus bila memilih daun bunga matahari di bandingkan rumput liar untuk di jadikan pakan ternak. Sebab tekstur dari daun bunga matahari yang halus dan lembut ini sangat baik untuk pencernaan hewan ternak.
Ternyata selain untuk pakan ternak. Bagian dari tanaman bunga matahari yang mengandung fosfor dan nitrogen juga dapat di manfaatkan sebagai pengganti pupuk.

5. Dapat dibuat minuman dengan ragam khasiat


Kelopak dari tanaman hias ini juga dapat di jadikan sebagai campuran minuman yang memiliki banyak khasiat. Seperti meringankan sakit kepala radang payudara dan masih banyak lagi. Kamu dapat membuat minuman herbal dari rebusan kelopak bunga matahari atau bisa juga kamu campur kedalam teh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *