Rekor Pembelian Termahal Untuk Seekor Ikan Tuna Raksasa

Rekor Pembelian Termahal Untuk Seekor Ikan Tuna Raksasa
Rekor Pembelian Termahal Untuk Seekor Ikan Tuna Raksasa
Rekor Pembelian Termahal Untuk Seekor Ikan Tuna Raksasa

KOMPASCOM Rekor Pembelian Termahal Untuk Seekor Ikan Tuna Raksasa. Seorang pengusaha restoran sushi Jepang Kiyoshi Kimura berhasil membeli seekor ikan tuna berukuran sangat besar dengan nilai 3,1 juta dolar AS atau setara dengan Rp 44 miliar. Berat ikan tuna yang di belinya ini mencapai 278 kg. Bagaimana awal ceritanya.

Berikut Rekor Pembelian Termahal Untuk Seekor Ikan Tuna Raksasa.

1. Ini adalah rekor pembelian termahal untuk seekor ikan tuna raksasa

Pengusaha restoran sushi ini berhasil membuat rekor pembelian ikan tuna berukuran besar dengan nilai 3,1 juta dolar AS. Atau setara dengan Rp 44 miliar pada hari Sabtu 5 Januari 2019 di pasar ikan baru Tokyo. Pasar tersebut tersebut menggantikan pasar Tsukiji yang terkenal di dunia akhir tahun 2018 lalu. Ikan tersebut memiliki berat sebesar 278 kg yang merupakan spesies terancam punah dan di tangkap di lepas pantai utara Jepang.
Sebelumnya Kiyoshi Kimura membayar harga tertinggi pada tahun 2013 lalu. Dengan nilai sebesar 155 juta yen atau setara dengan Rp 20,3 miliar. Hal inilah yang membuat Kiyoshi Kimura yang di juluki sebagai Raja Tuna.

2. Tradisi lelang ini ternyata sejak dibukanya Tsukiji pada tahun 1935

Tradisi lelang ikan tuna ini ternyata sudah lama sejak masih ada pasar Tsukiji yang di buka pada tahun 1935 lalu. Yang di lakukan selama setiap hari sebelum fajar pagi hari. Ikan tersebut di tangkap dari seluruh penjuru dunia. Pada lelang pertama tahun baru para pedagang grosir dan orang kaya di kenal membayar harga yang sangat menggiurkan untuk ikan terbesar dan terbaik.

3. Jepang di kenal sebagai pengonsumsi ikan tuna terbesar di dunia

Seperti yang di ketahui Jepang merupakan pengonsumsi ikan tuna terbesar di dunia. Dan kebanyakan ikan tuna yang di konsumsi berjenis tuna sirip biru berbentuk torpedo. Akibatnya peningkatan konsumsi ikan tuna membuat penangkapan ikan tuna semakin meningkat. Padahal para ahli sebelumnya telah memperingatkan kemungkinan terjadinya kepunahan dengan ikan tuna sirip biru Pasifik habis sekitar 96 persen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *