Inilah Makanan Sederhana Yang Bisa Lancarkan Pencernaanmu

Inilah Makanan Sederhana Yang Bisa Lancarkan Pencernaanmu

 

Inilah Makanan Sederhana Yang Bisa Lancarkan Pencernaanmu
Inilah Makanan Sederhana Yang Bisa Lancarkan Pencernaanmu

KOMPASCOM Inilah Makanan Sederhana Yang Bisa Lancarkan Pencernaanmu. Hampir semua orang pernah mengalami sembelit. Ada yang mengalami sembelit biasa ada pula yang sampai akut. Tentu saja pencernaan yang tidak lancar ini mengganggu kenyamanan aktivitas sehari-hari.
Sebenarnya ada berbagai cara untuk mengatasi sembelit ini. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang tepat. Beberapa makanan berikut bisa membantu melancarkan pencernaanmu.

Berikut Inilah Makanan Sederhana Yang Bisa Lancarkan Pencernaanmu.

1. Buah beri

Berbagai macam buah beri merupakan buah-buahan yang kaya antioksidan. Buah ini mengandung banyak serat makanan yang membantu meredakan gangguan perut setiap harinya.

2. Bayam

Sayur bayam merupakan salah satu sumber magnesium terbaik. Kandungan magnesium sendiri berfungsi untuk membantu kinerja usus dan menyerap air untuk melembabkan saluran pencernaan.

3. Apel

Konsumsi 1 sampai 2 buah apel sehari maka pencernaanmu tidak akan terganggu lagi. Apel mengandung serat baik yang dapat membantu kerja usus dalam mencerna makanan.

4. Kacang-kacangan

Tidak cuma buah saja yang bisa membantu melancarkan pencernaan tubuh kacang-kacangan juga bisa. Kacang-kacangan mengandung serat yang di butuhkan tubuh biar pencernaan lancar setiap harinya. Namun kamu harus mengimbangi konsumsi kacang ini dengan minum air yang cukup.

5. Alpukat

Serat tinggi sangat berperan penting dalam suatu proses pencernaan. Serat dalam alpukat cukup tinggi. Tidak hanya itu kandungan fiber juga bisa di temukan pada buah ini. Yang memungkinkan makanan bergerak lebih cepat melalui usus halus dan membantu penyerapan air supaya tidak sembelit.

6. Yogurt

Sudah rahasia umum kalau yogurt bisa membantu melancarkan pencernaan. Probiotik bakteri pada yogurt berperan penting dalam melancarkan pencernaan. Bakteri bersahabat tersebut membuat proses pencernaan lancar dan tidak terganggu. Tapi perlu di ingat hindari yogurt yang mengandung banyak gula.

7. Jahe

Mengonsumsi jahe dapat menyembuhkan berbagai gangguan usus pencernaan mual dan perut kembung. Hal ini karena jahe mengandung antioksidan dan gingerol yang membersihkan lambung dari produksi asam berlebih dalam tubuh ketika sedang stres. Apalagi kalau di nikmati saat musim hujan seperti sekarang ini tubuh jadi lebih hangat dan nyaman.

8. Pepaya

Pepaya mengandung papain yang bisa membantu melumatkan makanan dan menyerap nutrisi dalam tubuh. Buah ini kaya serat bermanfaat yang di butuhkan tubuh terutama saat mencerna makanan yang kamu konsumsi. Jadi cobalah mengonsumsi pepaya secara rutin dalam batas wajar dan tidak berlebihan.

9. Pisang

Banyak orang bilang kalau mengonsumsi pisang bisa membantu melancarkan pencernaan. Buah ini mengandung serat dan mineral yang di butuhkan oleh sistem pencernaan dalam tubuh. Tapi pilih pisang yang sudah matang. Kalau kamu makan pisang yang belum matang hal itu malah akan memperparah sembelitmu.

10. Lemon

Buah berwarna kuning cerah ini ternyata bisa membantu melancarkan pencernaan. Lemon mengandung vitamin C yang tinggi. Kandungan tersebut juga berfungsi sebagai antioksidan. Kandungan serat asam pada lemon akan membantu mengatasi sembelit yang mengganggu aktivitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *