Kuliner Ikan Mentah Asli Indonesia Ini Wajib Kamu Coba
Kuliner Ikan Mentah Asli Indonesia Ini Wajib Kamu Coba
Kuliner Ikan Mentah Asli Indonesia Ini Wajib Kamu Coba

KOMPASCOM Kuliner Ikan Mentah Asli Indonesia Ini Wajib Kamu Coba. Jepang memang identik dengan makanan mentah. Tapi tahukah kamu kalau ternyata Indonesia juga mempunyai kuliner mentah yang rasanya tak kalah lezat dengan Jepang.
Kuliner ikan mentah ini berarti tidak perlu di masak. Tapi daging ikan langsung di sajikan dengan beberapa bumbu dan sayur lalu di konsumsi. Mau tahu kuliner ikan mentah apa saja yang berasal dari Indonesia? Intip daftarnya berikut ini.

Berikut Kuliner Ikan Mentah Asli Indonesia Ini Wajib Kamu Coba.

1. Pacco


kuliner ikan mentah yang patut kamu coba ketika berkunjung ke Luwu pacco namanya. Cara membuatnya sangat mudah ikan di bersihkan dulu kemudian di basuh dengan air masak. Setelah itu di tambahkan perasan jeruk nipis dan di biarkan 10 menit.
Ikan kemudian di campur bersama bumbu-bumbu. Yang berupa cabai rawit jeruk sambel garam dan kacang tanah goreng atau bisa di katakan dengan bumbu kacang. Kuliner ini terasa segar agak asam dan gurih.

2. Lawa bale


Sulawesi Selatan tepatnya suku Bugis juga mempunyai hidangan ikan mentah yang menggugah lidah. Lawe bale adalah nama dari kuliner ikan mentah asli Indonesia ini.
Bahan dasarnya dari ikan ukuran kecil bisa ikan teri atau ikan banjar. Proses pengolahannya cukup mudah. Setelah ikan di bersihkan beri perasan jeruk nipis garam serta kelapa parut.

3. Rusip


Kuliner ikan mentah khas Indonesia berikutnya adalah rusip yang berasal dari Bangka Belitung. Rusip terbuat dari ikan teri atau di kenal juga sebagai ikan bilis.
Pengolahan ikan teri ini di fermentasi yakni setelah di bersihkan. Ikan teri segar di campur dengan gula merah dan garam kemudian di fermentasi selama tujuh hari. Setelah itu aroma ikan akan berubah menjadi masam.
Penyajiannya bersama beberapa bumbu seperti irisan bawang merah cabai rawi, dan jeruk kunci. Di Bangka Belitung rusip merupakan makanan pendamping lalapan atau bisa di bilang sebagai pengganti sambal. Rasa kuliner ini pedas dan segar.

4. Naniura


Tapanuli Sumatera Utara juga memiliki kuliner ikan mentah yang penyajiannya dengan di rendam ke dalam bumbu rempah. Kalau di lihat penampilannya seperti ikan bumbu kuning. Bumbunya terbuat dari kombinasi 10 rempah dan bahan lain termasuk andaliman.
Andaliman merupakan bumbu rempah khas Batak yang mampu membuat rasa naniura semakin beragam. Dulu kuliner ini hanya di sajikan untuk para raja. Tapi sekarang sudah bisa di nikmati semua orang dan menjadi menu di berbagai kafe atau restoran di Sumatera Utara.

5. Gohu ikan


Hidangan ikan mentah pertama di sebut dengan gohu ikan yang berasal dari Ternate Maluku Utara. Jenis ikan yang di gunakan adalah ikan tuna. Pembuatannya sangat sederhana.
Pertama ikan tuna harus di bersihkan dulu lalu di potong dadu dan di campur garam perasan jeruk nipis dan daun kemangi. Penyajiannya di siram dengan tumisan bumbu yang terbuat dari cabai dan irisan bawang merah.
Saat di konsumsi ikan akan terasa gurih segar dan agak manis. Gohu ikan ini biasanya sebagai lauk pendamping nasi atau bubur sagu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *