5 Hal yang Harus Dilakukan di Pasar Natal Jerman

Dilakukan di Pasar Natal Jerman

KompasCom – Datanglah ke Eropa pada Desember, maka kamu akan menemukan pasar Natal hampir di setiap kota. Pasar Natal dapat ditemukan di pusat keramaian di kota-kota di Eropa selama empat minggu advent dan berhenti sehari sebelum Natal.
Sesuai dengan namanya, tempat ini adalah sebuah pasar yang bertemakan Natal. Meskipun ada hampir di seluruh Eropa dan bahkan meluas ke seluruh dunia, pasar Natal tidak lain berasal dari Jerman.

Dikenal dengan nama Weihnachtsmarkt, pasar Natal sudah ada sejak abad pertengahan. Pasar Natal di kota München sudah ada sejak tahun 1310. Sementara pasar Natal yang cukup tua lainnya ada di kota Bautzen (1384), Frankfurt (1393), Dresden (1434), dan Augsburg (1498). Sementara cikal bakal pasar Natal diduga berasal dari pasar Desember Wina yang sudah dimulai sejak 1298.
Layaknya pasar, tempat ini banyak menjual makanan dan minuman, namun tidak bau dan becek seperti pasar tradisional. Suasananya meriah dengan banyak dekorasi dan lampu-lampu Natal serta musik, nyanyian, dan tarian.

Apa saja sih yang harus kamu lakukan ketika ada di pasar Natal Jerman?

1. Minum glühwein

Minum glühwein
Minum glühwein

Minum anggur mungkin sudah biasa. Tapi minum anggur hangat adalah kekhasan dari pasar Natal. Orang-orang biasanya menunggu sampai bulan Desember untuk menikmati glühwein. Glühwein yang berarti anggur yang menyala adalah minuman anggur yang dihangatkan bersama dengan kayu manis, cengkeh, dan lemon.
Rasanya manis dan enak. Glühwein yang paling umum dibuat dari minuman anggur merah meskipun ada juga yang terbuat dari minuman anggur putih.
Kalau kamu tidak minum minuman beralkohol, jangan khawatir. Karena glühwein punya versi non-alkohol juga. Sementara untuk anak-anak, minuman yang cukup populer di pasar natal adalah cokelat panas.

2. Mengoleksi cangkir

Minuman yang kamu nikmati di pasar Natal tidak disajikan dalam gelas yang biasa, tapi dalam gelas yang dibuat khusus untuk pasar Natal tersebut pada tahun itu. Karena unik, banyak pengunjung yang ingin membawa pulang gelas tersebut sebagai kenang-kenangan.
Oleh karena itu, untuk membeli sebuah minuman di pasar Natal kamu harus menyerahkan sejumlah uang untuk deposit. Biasanya sebesar 2-4 Euro. Setelah minuman habis, gelas bisa kamu simpan. Atau jika tidak ingin dibawa pulang, gelas bisa kamu kembalikan dan kamu akan mendapat 2 Euro mu kembali.

3. Membeli dekorasi Natal

Membeli dekorasi Natal
Membeli dekorasi Natal

Pasar Natal tampak sangat meriah dengan dekorasi Natal yang dipajang dan dijual. Mulai dari lampu berbentuk bintang, rumah-rumahan Natal, patung-patung kecil menggambarkan Maria, Yusuf, dan Yesus, Santa, Nutcrackers, dan lain sebagainya. Uniknya lagi banyak dari hiasan Natal tersebut terbuat dari kayu dan buatan tangan. Sehingga, antara hiasan yang satu dan yang lainnya tidak akan sama. Deposit Judi Pulsa 

4. Menonton pertunjukan

Pasar Natal juga merupakan tempat yang cocok untuk melihat pertunjukkan. Mulai dari paduan suara, tarian rakyat, sampai orkestra. Tujuan dari pertunjukkan-pertunjukkan tersebut adalah untuk membuat pasar Natal semakin ramai dan meriah. Musik dan lagu yang dimainkanpun bernuansa Natal, membuat suasana natal semakin terasa.

5. Makan makanan khas pasar Natal

Pasar Natal yang ada di ruang terbuka membuat kita harus siap berdingin-dinginan dengan cuaca Desember. Untuk membuat tubuh tetap terasa hangat, makan adalah solusinya. Jangan khawatir, mencari makan di pasar Natal tidaklah susah. Justru makanan adalah salah satu primadona pasar Natal. Yang dijualpun beragam, mulai dari lebkuchen, bratwurst, dan kartoffelpuffer.
Lebkuchen adalah kue jahe yang biasanya berbentuk hati, malaikat, atau boneka salju. Bratwurst adalah sosis yang dimakan bersama roti dan biasanya dengan menggunakan saus kari. Sementara kartoffelpuffer adalah panekuk kentang yang dimakan dengan menggunakan saus apel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *