Hiu kembali ke teluk Thailand yang dipopulerkan ‘The Beach’

Kompascom Hiu kembali ke teluk Thailand yang dipopulerkan ‘The Beach’. Konservasionis Thailand telah menyambut rekaman hiu karang yang meluncur melalui perairan biru Maya Bay sebagai “tanda positif” dari pemulihan enam bulan setelah penutupan tempat wisata yang dibuat terkenal oleh film “The Beach”.

Teluk, dilingkari oleh tebing batu kapur yang dramatis di pulau Ko Phi Phi Ley. Dibuat terkenal oleh film 2000 yang dibintangi Leonardo DiCaprio.

Namun film itu mendorong gerombolan turis untuk menyerbu setiap hari armada kapal motor. Merusak ekosistem karang dan mengikis pantai pasir putih yang dulu murni.

Pihak berwenang menutup taman sementara untuk umum pada bulan Juni tetapi kemudian memperpanjang penutupan tanpa batas untuk membiarkan bay pulih.

Pada Jumat, petugas taman berbagi video tentang puluhan hiu karang hitam yang berenang dengan tenang di dekat pantai – gambar yang tak terbayangkan beberapa minggu yang lalu ketika turis berdesakan untuk selfie di atas pasir putih.

“Datang dan hitung hiu!” Departemen Taman Nasional, Satwa Liar dan Konservasi Tanaman mengatakan di sebuah posting Facebook.

“Ini pertanda bagus bahwa Maya Bay telah berubah dan perubahan itu positif,” tambahnya.

Seorang ahli biologi kelautan Thailand yang terkemuka dalam kampanye untuk menutup Maya Bay memuji video hiu sebagai “luar imajinasi, luar biasa”.

“Bagaimana perasaan saya? Tearful,” kata Thon Thamrongnawasawat di pos Faceboook.

“Pada awalnya saya tidak pernah berpikir (rehabilitasi) akan sebaik ini hanya dalam enam bulan.”

Pihak berwenang belum mengatakan jika, atau kapan, teluk akan terbuka.

“Terumbu karang akan memakan waktu lebih lama untuk pulih,” kata seorang pejabat dari Departemen Taman Nasional, Satwa Liar dan Konservasi Tumbuhan mengatakan meminta anonimitas.

Pantai indah Thailand berada di bawah tekanan yang meningkat dari sejumlah besar wisatawan dan perkembangan yang menyertainya di ekosistem terpencil dan rapuh.

Negara ini menarik sekitar 35 juta pengunjung tahun lalu.

Banyak orang berduyun-duyun ke kota Krabi di mana perjalanan perahu membawa pengunjung ke pulau-pulau terdekat yang penuh dengan peluang untuk snorkeling dan narsis di antaranya Maya Bay.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *