7 Cara Mengatasi Kantuk Tanpa Kopi

KOMPASCOM –¬†Akibat rasa gelisah tersebut, orang yang minum kopi akan mengalami gangguan tidur. Mengonsumsi kopi yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan tidur atau insomnia. Biasanya takaran kafein dalam suatu produk kopi akan berbeda-beda.

 

Berikut 7 Cara Mengatasi Kantuk Tanpa Kopi

 

1. Sarapan pagi

Image result for Sarapan pagi

sebabkan oleh rasa lelah, bukan hanya jam tidur yang kurang. Ketika kita melewatkan sarapan di pagi hari, rasa lapar akan datang lebih cepat, akibatnya kita tidak memiliki energi dan lebih mudah mengantuk.

 

2. Camilan

Image result for Camilan

Sempatkan waktu untuk ngemil makanan setiap tiga sampai empat jam, untuk menghindari rasa lapar yang berlebihan. Ketika merasa lapar berlebihan, akhirnya kita akan mengkonsumsi karbo dalam jumlah yang banyak, hal ini dapat mendatangkan rasa kantuk setelah makan.

 

3. Minum air putih

Image result for Minum air putih

Air putih diikat oleh darah, lalu berfungsi untuk memberi oksigen pada otak. Meminum air putih dalam jumlah yang cukup mampu menjaga tubuh kita dari rasa kantuk. Ketika kita dehidrasi, jantung akan memompa lebih keras, hal ini yang menyebabkan lebih cepat kelelahan

 

4. Olahraga ringan

Image result for Olahraga ringan

Olahraga ringan mampu membuat adrenalin terpacu, sehingga kembali waspada. Anda hanya perlu meregangkan otot-otot, stretching ringan atau lompat-lompat pelan.

 

5. Mencuci muka

Image result for Mencuci muka

Mencuci muka atau mandi dapat menghilangkan rasa kantuk. Tubuh akan kembali segar. Berdasarkan penemuan di Journal of Personality and Social Psychology, terapi air dapat menetralisir suasana hati dan membangkitkan energi saat merasa kewalahan.

 

6. Atur jam tidur

Image result for Atur jam tidur

Atur jam tidur setiap hari, usahakan untuk mendapatkan tidur yang cukup setiap harinya, sekitar 6 jam per hari. Hentikan memainkan telepon genggam Anda atau menonton TV dua puluh menit sebelum Anda pergi tidur.

 

7. Mendengarkan musik

Image result for Mendengarkan musik

Mendengar musik bisa menjadi alternatif lainnya untuk menghindari minum kopi. Pilihlah musik yang membuat semangat kembali. Selain dapat membangkitkan semangat, musik juga dapat menenangkan pikiran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *