Berani dalam membela Pancasila Jokowi memberitahu pemuda Nahdlatul Ulama

Kompascom Berani dalam membela Pancasila, Jokowi memberitahu pemuda Nahdlatul Ulama. Presiden Joko “Jokowi” Widodo telah mendesak GP Ansor, sayap pemuda Nahdlatul Ulama (NU), organisasi Islam terbesar di Indonesia, untuk menjadi berani dan berada di garis depan dalam menjaga ideologi negara Pancasila dan semboyan nasional Bhinneka Tunggal Ika ( Bersatu dalam perbedaan).

Presiden juga mengatakan bahwa dia mengharapkan GP Ansor untuk melindungi negara dari ancaman teroris dan separatisme.

“GP Ansor telah menunjukkan bahwa warisan negara kita adalah roh para pejuang dan ketulusan para pahlawan. GP Ansor tidak mudah terancam, dan itu semangat kami sebagai bangsa, ”kata Jokowi kepada ribuan anggota GP Ansor pada peringatan kelahiran Nabi Muhammad, yang dikenal dalam Islam sebagai Maulid Nabi, di Pekalongan, Jawa Tengah, di Kamis sore.

GP Ansor baru-baru ini menjadi sorotan setelah sebuah divisi dalam kelompok, Barisan Ansor Serbaguna (Banser). Terlibat dalam pembakaran bendera hitam yang mengandung keyakinan Islam yang ditulis dalam bahasa Arab.

Insiden itu terjadi selama perayaan Hari Santri Nasional di Garut, Jawa Barat, pada 22 Oktober. Dan menyebabkan beberapa aksi unjuk rasa di berbagai kota yang menuduh Banser menghina Islam.

Ansor mengatakan anggota Banser membakar bendera karena mereka mengira itu adalah bendera kelompok terlarang Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Jokowi mengatakan GP Ansor harus menekankan bahwa Pancasila tidak dapat digantikan oleh ideologi lain dan anggotanya harus sabar dalam menghadapi semua masalah dan tantangan, dan menempatkan kepentingan bangsa pertama.

“Saya ingin semua anggota GP Ansor untuk menjaga dan mempertahankan persatuan dan persaudaraan kami sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar. Aset terbesar kami adalah persatuan dan harmoni kami. Kita harus menjaga Ukhuwah Islamiyah Persaudaraan Islam dan Ukhuwah Wathaniyah [persaudaraan bangsa], ”kata Jokowi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *