Ternate akan menggelar Festival Kora-Kora pada bulan Desember

Kompascom Ternate akan menggelar Festival Kora-Kora pada bulan Desember. Ternate di Maluku Utara akan menyambut liburan akhir tahun dengan mengadakan Festival Kora-Kora pada akhir Desember.

Festival Kora-Kora akan menampilkan berbagai kegiatan, termasuk parade kora-kora (perahu tradisional dari kesultanan Ternate), kompetisi perahu dayung tradisional dan kompetisi memancing. Pertunjukan budaya juga akan ditampilkan selama festival.

“Kami akan mengadakan festival untuk menjadikan Ternate sebagai tujuan liburan akhir tahun,” kata Samin Marsaoly, kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Ternate.

Terlepas dari Festival Kora-Kora, kota ini juga dikenal karena sejarahnya, keindahan alam, masakan, dan budayanya. Di Ternate Keraton, misalnya, orang dapat menemukan mahkota suci yang dihiasi dengan rambut, emas dan berlian.

Dikatakan bahwa rambut terus tumbuh dan dipotong selama ritual khusus.

Dalam hal masakan, Ternate juga memiliki makan kebun (kebun makanan) yang terdiri dari singkong dan pisang dikukus dalam santan. Papeda terkenal (bubur sagu lengket) dan gohu ikan cakalang (diced mackerel atau tuna dicampur dengan rempah-rempah).

Makanan semacam itu biasanya disajikan dengan air guraka (minuman yang dibuat dari jahe, gula aren, cokelat, susu dan kopi yang mengandung rempah-rempah).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *