Berlian Merah Jambu Langka 18,96 Karat Terjual Rp 646 Miliar

KompasNews – Berlian dengan warna merah jambu sangatlah langka. Terlebih lagi yang ukurannya sampai 18,96 karat seperti berlian Pink Legacy, yang menurut ahli, merupakan berlian terbaik di dunia.

Live Science melaporkan berlian Pink Legacy ini telah terjual dengan harga lebih dari 44 juta dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 646 miliar di acara lelang Christie’s di Jenewa, Swiss.

Menurut Rahul Kadakia, International Head of Jewellery di rumah lelang Christie’s, itu adalah harga yang pantas bagi berlian Pink Legacy.
“Untuk menemukan berlian dengan ukuran serta warna seperti ini bisa dibilang seperti khayalan,” ujar Kadakia, dikutip dari laman resmi Christie’s.
“Anda mungkin bisa melihat warna ini di sebuah berlian merah jambu dengan ukuran kurang dari satu karat. Tapi ini ukurannya nyaris 19 karat dan warnanya sangat merah jambu. Ini luar biasa,” tambah dia.

Biasanya berlian merah jambu juga memiliki sedikit corak warna lain, seperti cokelat, oranye, abu-abu, atau ungu. Namun berlian Pink Legacy hanya memiliki warna merah jambu. Gemological Institute of America (GIA) mengklasifikasikan berlian ini “fancy vivid” atau sangat jelas.
Menurut juru bicara Christie’s, klasifikasi itu hanya diberikan pada satu dari 100 ribu berlian. “Sangat tidak biasa bagi berlian merah jambu untuk muncul dengan suatu warna atau saturasi yang kuat dalam ukuran apa pun,” kata ahli dari GIA kepada Christie’s.
Berlian merah jambu “fancy vivid” jarang memiliki ukuran lebih dari satu per lima karat. Dalam 250 tahun terakhir baru ada empat berlian merah jambu yang muncul di lelang dengan klasifikasi demikian.

Bukan yang terbesar

sekop123.com

Berlian Pink Legacy adalah berlian berwarna terbesar, tapi ukuran berlian mentah atau intan lainnya bisa jauh lebih besar lagi.
Sebelumnya pada awal tahun ini telah ditemukan intan 910 karat di Lesotho, Afrika. Batu permata itu merupakan terbesar kelima yang pernah ditemukan.
Pink Legacy sendiri merupakan bagian dari lelang Christie’s bertema “Magnificent Jewels”. Ia dijual bersama dengan 300 permata lain, termasuk safir, intan, dan mutiara. Berlian Pink Legacy dijual dalam bentuk cincin platinum yang melilit berlian tersebut.
Kalau berlian ini dijual kembali, apakah kamu mampu, eh tertarik, untuk membelinya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *