Perjalanan Karier Twice, dari Audisi Hingga Jadi Girlband Fenomenal

Perjalanan Karier Twice, dari Audisi Hingga Jadi Girlband Fenomenal

Perjalanan Karier Twice, dari Audisi Hingga Jadi Girlband Fenomenal

KOMPASCOM – Perjalanan Karier Twice, dari Audisi Hingga Jadi Girlband Fenomenal , Nama girlband TWICE pastilah sudah tak asing di telinga fans KPop. Girlband asuhan JYP Entertainment ini menajdi girlband generasi terbaru yang paling fenomenal dan mendapat banyak perhatian.

Debut di tahun 2015, TWICE digawangi oleh 9 member yaitu Nayeon, Jeongyeon, Momo, Chaeyoung, Sana, Jihyo, Mina, Dahyun dan Tzuyu berhasil meraih beberapa penghargaan di beberapa ajang musik di usianya yang terbilang masih muda. Didukung dengan visual, lagu dan koreografi dance yang apik tak heran jika TWICE selalu menelurkan beberapa hits yang selalu menjadi trending di setiap comeback-nya.

Lalu, bagaimana perjalanan karier TWICE sebelum menjadi fenomenal seperti sekarang ini ? Berikut adalah ulasannya.

 

TWICE terbentuk melalui reality girl group survival show bernama SIXTEEN

Twice terbentuk melalui reality girl group survival show bernama SIXTEEN
Twice terbentuk melalui reality girl group survival show bernama SIXTEEN

JYP Entertainment memang sudah memiliki rencana untuk mendebutkan girlband baru di tahun 2014. Beberapa trainee JYP dikabarkan akan mengisi posisi dalam grup bernama 6MIX. Dilihat dari namanya, grup ini berjumlah sebanyak 6 member. Namun, sampai akhir tahun 2014, grup ini tidak pernah debut.

Akhirnya pada Februari 2015, Park Jin-young, pendiri JYP mengumumkan bahwa susunan girband baru yang akan dibentuknya ditentukan melalui program reality girl group survival bernama SIXTEEN yang ditayangkan oleh Mnet dan diisi oleh 16 trainee JYP. Di akhir episode SIXTEEN , terpilihlah 7 member untuk mengisi posisi girband baru JYP yaitu Nayeon, Jeongyeon, Jihyo, Sana, Mina, Dahyun dan Chaeyoung.

Namun, secara mengejutkan, JYP menambah 2 member baru yaitu Tzuyu dan Momo (sebelumnnya telah tereliminasi). Tzuyu dipilih karena mendapatkan vote tertinggi dari penonton sedangkan Momo dipilih karena kemampuan dance dan vokalnya. Pemilihan 2 member ini sempat menjadi kontroversi.

Akhirnya, TWICE melakukan debut pertamanya di tahun 2015

Akhirnya, TWICE melakukan debut pertamanya di tahun 2015
Akhirnya, TWICE melakukan debut pertamanya di tahun 2015

Kisah perjalanan trainee JYP melalui SIXTEEN akhirnya membuahkan hasil. TWICE debut di tahun 2015 dengan 9 membernya yaitu Nayeon, Jeongyeon, Jihyo, Sana, Mina, Dahyun, Tzuyu, Momo dan Chaeyoung.

Debut mereka ditandai dengan perilisan album The Story Begins dengan membawakan lagu “Like OOH-AHH” sebagai lagu utamanya. Lagu ini ditulis oleh seorang komposer ternama, Black Eyed Pilseung, yang sebelumnya juga menulis lagu untuk missA “Only You” dan GOT-7 “If You DO”.

Tak disangka, ternyata lagu ini berhasil ditonton lebih dari 50 juta pengguna di kanal YouTube dan mendapat predikat sebagai MV debut paling banyak ditonton menggeser popularitas 2NE1 dengan MV-nya “Fire”. Sejak debut itu, TWICE mendapat banyak tawaran iklan dan kontrak.

Kesuksesan terus berlanjut hingga akhirnya pada 2 Desember 2015, TWICE mendapatkan nominasi sebagai kategori Artist of the Year dan Best New Female Artist dan Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2015 dan berhasil menyabet penghargaan sebagai Best New Female Artist di usia debut yang baru 2 bulan.

 

Tahun 2016, TWICE merilis album Page Two dan TWICEcoaster: LANE 1

TWICEcoaster: LANE 1
TWICEcoaster: LANE 1

Pada 25 April 2016, TWICE kembali merilis album bernama Page Two dengan lagu utama Cheer Up. MV Cheer Up kembali mengikuti lagu pendahulunya sebagai lagu dengan jumlah penonton terbanyak dan berhasil menduduki peringkat 1 di Gaon Digital Chart dan peringkat 3 di Billboard World Digital Songs Chart.

Kesuksesan lagu ini juga terus mengikuti seperti berhasil memperoleh trofi pertama melalui program musik Mnet M!Countdown, Music Bank dan Inkigayo. Memperingati 1 tahun debut mereka, Twice merilis lagu terbaru mereka pada 20 Oktober 2016 dengan judul “One In Million” dan beberapa lagu lainnya.

Lagu tersebut masuk dalam album terbaru mereka bertajuk TWICEcoaster: LANE 1 dan memilih single “TT” sebagai lagu utama.

 

Tahun 2017 TWICE melakukan ekspansi melalui debut Jepang

Twicecoaster : LANE 2
Twicecoaster : LANE 2

MV “TT” berhasil mendapat predikat pencapaian 100 juta kali tayang melebih kepopuleran lagu Cheer-Up sebelumnya. Tahun 2017 juga menjadi konser solo pertama TWICE dengan tajuk “Twice 1st Tour: Twiceland The Opening ” pada tanggal 17-19 Februari 2017.

Tak lama setelah konser tersebut, TWICE kembali merilis album mereka dengan tajuk ‘Twicecoaster: Lane 2’. Dalam album ini, single “Knock-Knock” menjadi single andalan mereka dengan konsep lagu yang eye-catchy and colorful.

Di tahun yang sama, tepatnya 28 Juni 2017 TWICE merilis debut Jepang mereka dengan membawakan hits hits terdahulu mereka seperti Like Ohh-Ahh, Cheer Up dan TT. Sebelum perilisan debut Jepang mereka, TWICE merilis album “Signal” pada Mei 2017 yang juga dibawakan dalam versi Jepang sebelum debut resmi mereka.

Gebrakan baru kembali dibuat, TWICE meluncurkan album “Twicetagram” dengan lagu andalan “Likey”. Lagu ini kembali mengikuti kesuksesan lagu sebelumnya dengan menduduki peringkat teratas Billboard’s World Albums and World Digital Song Sales.

Selain mendapat campur tangan komposer Black Eyed Pilseung, peluncuran single ini cukup menarik karena TWICE melakukan syuting MV di Vancouver, Kanada pada September 2017 dan sempat menjadi headline di beberapa TV berita Kanada. Tak lama setelah peluncuran single Likey, pada Desember 2017 merilis comback dengan single Heart Shaker.

 

TWICE dan warna musik baru untuk industri musik KPop

TWICE
TWICE

Gebrakan yang membuat girband ini fenomenal tak hanya dari visual member dan koreografi dance yang mengiringi setiap single mereka. TWICE memberikan warna baru bagi industri musik Kpop melalui konsep dan tema yang diangkat di setiap single mereka.

TWICE identik dan hadir dengan konsep cheerful, girly, colorful dan eyecatchy. Hal ini terbukti dari beberapa MV mereka seperti Cheer Up, Knock-Knock, Signal, Likey, Heart Shaker, Candy Pop. Meskipun dalam beberapa MV seperti Like OOH -AHH dan TT mengusung konsep yang lebih dark namun identitas asli masih terbawa.

Selain itu, dari segi genre musik, TWICE memadukan banyak genre seperti pop culture, hip hop, dan rap yang pada akhirnya membuat warna musik dari grup ini semakin menyatu dengan baik. Well, eksistensi TWICE sebagai pendatang baru di dunia musik KPop memberi “angin segar” bagi industri musik di Korea sekaligus menjadi tantangan untuk grup lainnya berkolaborasi menciptakan warna baru bagi KPop.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *