KOMPASCOM Menelusuri Keindahan Sungai Bawah Tanah Goa Pindul. Beberapa tahun belakangan ini wisata di kawasan Gunung Kidul memang sedang naik daun. Tidak hanya di kenal dengan pesona pantainya. Tetapi juga kecantikan kawasan perbukitan yang menghampar di dataran tinggi Gunung Kidul. Dan salah satunya adalah wisata Goa Pindul.

Di balik belahan perbukitan dan ngarai yang memanjang di kawasan Gunung Kidul ternyata tersimpan aliran sungai yang meliuk. Beberapa mengalir di dalam goa dan sisanya mengalir di dasar ngarai.

Demikian halnya dengan wisata Goa Pindul yang berlokasi di daerah Bejiharjo Karang Mojo selatan Wonosari. Wisata alam ini berupa perjalanan menyusuri sungai yang sebagian tersembunyi di bawah Goa di kawasan Pindul.

Menelusuri Keindahan Sungai Bawah Tanah Goa Pindul

Anda akan naik di atas sebuah ban berukuran besar untuk kemudian di larung mengikuti arus sungai. Biasanya aktivitas ini di kenal dengan istilah cave tubing. Anda akan mengarungi aliran sungai dengan kedalaman sampai belasan meter memasuki goa selama 60 menit sejauh 360 meter. Nuansa syahdu akan terbentuk dari pendaran cahaya yang masuk dari celah gua dan terpantul oleh tiang kristal stalaktit dan stalakmit.

Anda akan menyusuri goa dalam beragam bentuk. Mulai dari ruang dome besar dengan langit tinggi sampai lorong panjang dan sempit. Beberapa bagian akan muncul dengan arus lebih deras sedang sisanya akan menghantarkan Anda dengan arus lembut. Dimana ikan akan tampak berenangan di bawah Anda.

Ujung dari perjalanan wisata goa Pindul ini akan berakhir pada sebuah telaga di ujung akhir goa. Telaga cantik ini berdinding batuan karst dengan air yang memendarkan warna safir yang menawan. Hanya saja di musim penghujan telaga ini bisa menjadi terlalu dalam dengan arus yang terlalu kuat sehingga bisa membahayakan.

Menelusuri Keindahan Sungai Bawah Tanah Goa Pindul

Belum puas dengan perjalanan cave tubing selama 60 menit. Kenapa tidak Anda lanjutkan engan menambah perjalanan Anda lagi menyusuri sungai Oyo. Sungai dimana aktivitas wisata Goa Pindul ini berada. Di ujung perjalanan selama 2 jam ini nantinya Anda akan bertemu dengan air terjun cantik di balik perbukitan.

Tak hanya itu masih di sekitar bantaran sungai Oyo. Terdapat goa Jelantik yang konon menjadi salah satu bagian dari napak tilas perang gerilya Jenderal Soedirman. Juga area situs purbakala megalitikum Solokiman.

Puaskan diri Anda di kawasan wisata ini. Mengingat Anda perlu menyusuri jalur berbukit Gunung Kidul selama 2 jam untuk mencapainya. Apalagi wisata tubing ini hanya memaka biaya tidak lebih dari 50 ribu. Jadi ketika Anda mencari wisata alam yang berbeda di kota Jogja. Jangan ragu untuk menjajal wisata Gua Pindul yang eksotis dan unik.

Bagaimana cara untuk bisa mencicipi pengalaman cave tubing di wisata goa Pindul. Anda harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari pusat kota Yogya menuju gerbang batas kota memasuki kota Wonosari.

Pada bundaran Siloyo sekitar 700 meter dari gerbang batas kota Anda bisa meuju ke kiri. Ikuti jalur sampai bertemu dengan pertigaan. Kemudian belok ke kanan sampai pertigaan Bejiharjo. Dari sana Anda sudah dengan mudah menemukan beberapa papan tanda ke arah lokasi wisata Goa Pindul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *