Kompascom – Indonesia berencana untuk menyelesaikan 13 perjanjian perdagangan. Pemerintah Indonesia sedang berusaha untuk menyelesaikan 13 perjanjian perdagangan dengan negara-negara lain dan organisasi. Perdagangan dalam upaya untuk meningkatkan ekspornya di tengah perang perdagangan antara China dan Amerika Serikat. Yang telah melihat kecenderungan terhadap proteksionisme perdagangan global.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan dari 13 perjanjian yang diberikan, delapan di antaranya sedang dalam proses negosiasi. Tiga di antaranya sedang direvisi dan dua masih dalam proses negosiasi awal.

“Sebagian besar perjanjian perdagangan dapat ditandatangani tahun depan,” katanya di Jakarta pada hari Selasa, sebagaimana dikutip oleh kompascom.net, menambahkan bahwa beberapa orang lainnya diharapkan akan ditandatangani tahun ini.

Dia mengatakan salah satu perjanjian yang akan ditandatangani adalah Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Australia (IA-CEPA), negosiasi yang telah selesai.

“Secara substantif, IA-CEPA telah selesai. Kami hanya menunggu kebijakan luar negeri kami, ”kata Enggartiasto.

Proses lain yang telah diberi prioritas tinggi adalah Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP). Sebuah perjanjian perdagangan bebas yang diusulkan (FTA) antara ASEAN dan enam negara Asia Pasifik – Cina, India, Jepang, Korea Selatan, Australia dan Selandia Baru. Menteri mengatakan, menambahkan bahwa RCEP akan mewakili 45 persen populasi dunia.

Dia mengatakan pemerintah Indonesia juga mendorong negosiasi perjanjian perdagangan antara ASEAN dan Australia dan Selandia Baru (ANZFTA) serta perjanjian perdagangan antara Indonesia dan Asosiasi Perdagangan Bebas Eropa (IE-CEPA).

Sementara itu, perjanjian perdagangan di bawah skema Perjanjian Perdagangan Preferential (PTA) dengan Mozambique, Tunisia dan Maroko diperkirakan akan selesai tahun ini, kata Enggartiasto.

“Sebagian besar perjanjian perdagangan dapat ditandatangani tahun depan,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *