Wisata Alam Gunung Kidul Yang Wajib di Kunjungi
Wisata Alam Gunung Kidul Yang Wajib di Kunjungi
Wisata Alam Gunung Kidul Yang Wajib di Kunjungi

KOMPASCOM Wisata Alam Gunung Kidul Yang Wajib di Kunjungi. Kabupaten Gunung Kidul merupakan salah satu kabupaten yang ada di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Gunung Kidul ini merupakan kabupaten yang terletak di sebelah selatan dan berbatasan langsung dengan laut selatan atau Samudera Pasifik. Gunung Kidul juga merupakan kabupaten yang wilayahnya berupa dataran tinggi. Inilah mungkin yang membuat kabupaten ini di beri nama Gunung Kidul.

Berikut Wisata Alam Gunung Kidul Yang Wajib di Kunjungi.

1. Goa Jomblang


Goa Jomblang merupakan goa yang terkenal dengan sebutan Cahaya Surgawi. Jika kita melakukan kegiatan caving di goa ini maka kita akan menemukan sebuah lorong alami. Yang menghubungkan antara Gia Jomblang dan juga Goa Grubug. Di titik inilah kita dapat menyaksikan stalagmit yang berwarna hijau kecoklatan dengan sinar matahari yang menembus kegelapan di dalam goa.

2. Goa Seropan


Gunung kidul merupakan kawasan yang mempunyai banyak tebing. Sehingga banyak juga terdapat Goa di sini. Selain Goa Gelatik ada pula Goa Seropan. Goa yang satu ini sering kali di jadikan sebagai lokasi untuk kegiatan penyusuran goa atau caving. Dan juga kegiatan panjat tebing yang membuat orang semakin menguji adrenalinnya untuk berjelajar di dalam goa seropan ini.

3. Air Terjun Sri Gethuk


Sejenak kita tinggalkan suasana pantai Gunung Kidul yang asri untuk melihat pemandangan lain di Gunung Kidul yang tidak kalah memesona. Salah satu objek wisata non pantai yang amat terkenal di Gunung Kidul adalah Air Terjun Sri Gethuk. Air terjun Sri Gethuk merupakan air terjun setinggi 50 meter yang berada di antara tebing. Air terjun ini merupakan salah satu objek wisata yang letaknya tersembunyi dan merupakan air terjun di Indonesia. Untuk dapat mencapai air terjun ini kita harus melalui jalan setapak di pematang sawah. Yang panjangnya sekitar ½ kilometer dan di lanjutkan menuruni sebanyak 96 anak tangga.

4. Pantai Pok Tunggal


Lagi dan lagi kita bertemu dengan pantai di Gunung Kidul ini. Selanjutnya ada pantai Pok Tunggal. Pantai ini sangat terkenal dengan pemandangan pohon duras yang tumbuh di area sebelum kita memasuki wilayah pantai. Pantai Pok Tunggal ini menyuguhkan keindahan hamparan pasir putih. Dan juga barisan tebing yang tegak lurus dengan ketinggian tebing mencapai 40 hingga 60 meter. Pantai ini merupakan pantai yang unik karena terdapat sumbar mata air tawar. Yang mengalir melalui aliran sungai bawah tanah yang ada di pantai ini. Dan jika kita beruntung maka kita akan dapat menyaksikan kawanan monyet liar yang melompat di balik tebing pantai.

5. Pantai Indrayanti


Gunung Kidul memang merupakan kawasan atau wilayah yang sangat terkenal dengan pantai pasir putihnya. Berbatasan langsung dengan Samudera Pasifik membuat Gunung Kidul ini kaya akan pantai yang Indah dan berpasir putih. Bila kita telusuri sepanjang garis pantai ini. Maka kita kan menjumpai banyak sekali pantai yang ada di wilayah ini. Salah satu pantai indah yang ada di Gunung Kidul adalah pantai Indrayanti. Pantai Indrayanti juga di kenal dengan nama pantai Pulang Sawal. Seperti pantai pada umumnya di Gunung Kidul. Pantai Indyaranti ini memiliki hamparan pasir putih dengan laut yang berwarna biru yang jernih. Pantai Indrayanti ini merupakan salah satu tujuan wisata atau objek wisata. Yang telah mengalami sentuhan modern oleh tangan pemerintah berupa infrastuktur dan juga fasilitas untuk para wisatawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *