KOMPASCOM – Komedo sendiri merupakan sebuah benjolan (papula) kecil yang ada pada permukaan kulit. Perlu Anda tahu bahwa komedo juga termasuk dalam jenis jerawat namun yang ringan. Tidak hanya di wajah, komedo juga bisa terjadi di leher, dada, bahu, punggung, dan lengan.

 

Cara menghilangkan komedo hitam di hidung secara alami :

1. Lemon

Hasil gambar untuk lemon
Cara menghilangkan komedo hitam yang pertama adalah dengan menggunakan lemon. Lemon kaya akan vitamin C. Dalam lemon juga terkandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit.

2. Jeruk nipis

Hasil gambar untuk jeruk nipis
Jeruk nipis kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Hal ini akan membantu kulit agar terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati.

3. Kulit jeruk

Hasil gambar untuk kulit jeruk
Dibandingkan dengan buahnya, kulit jeruk ternyata lebih banyak mengandung vitamin C. Jadi bagi Anda yang suka sekali makan jeruk, jangan terburu dibuang kulitnya. Kulit jeruk dapat Anda pakai sebagai masker wajah yang berguna sebagai cara mengecilkan pori-pori wajah.

4. Pepaya

Hasil gambar untuk pepaya
Enzim papain yang ada dalam pepaya dapat membantu meregenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E sebagai anti-oksidan akan turut membantu menutrisi dan melembapkan kulit Anda. Dengan pepaya, kulit mati menjadi hilang, membersihkan kotoran pada wajah juga, serta dapat membersihkan komedo.

 

5. Tomat

Hasil gambar untuk tomat
Senyawa anti-oksidan yaitu lycopine ada dalam tomat yang terbukti dapat menangkal radikal bebas agar sel kulit tidak menumpuk sehingga komedo tidak muncul.

 

6. Kacang kedelai

Hasil gambar untuk kacang kedelai
Kacang kedelai terkenal sebagai sumber protein, tidak hanya protein kacang kedelai juga mengandung vitamin A, B kompleks, E, kalsium, fosfor, magnesium, dan zat besi. Penggunaan masker kacang kedelai secara rutin akan membuat wajah Anda menjadi cerah, tidak berminyak, dan bersih dari komedo.

7. Lidah buaya

Hasil gambar untuk lidah buaya
Dengan menggunakan lidah buaya, Anda mendapatkan banyak manfaat sekaligus. Menyegarkan wajah, mencerahkan kulit wajah, mengecilkan pori-pori wajah, serta membersihkan komedo.

8. Putih telur

Hasil gambar untuk putih telur
Putih telur dipercaya dapat mengenyalkan wajah Anda serta sebagai cara mengecilkan pori-pori sehingga kotoran dari luar tidak menumpuk pada kulit dan tidak menimbulkan komedo karena kaya akan protein dan sumber mikronutrien.

9. Madu

Hasil gambar untuk madu
Pelembap alami wajah selanjutnya adalah madu yang sekaligus dapat mencerahkan kulit karena kaya akan anti-oksidan dan juga dapat mengangkat kulit mati.

 

10. Garam

Hasil gambar untuk garam
Garam adalah senyawa ionik yang terdiri dari ion positif (kation) dan ion negatif (anion), sehingga membentuk senyawa netral (tanpa bermuatan). Umumnya garam digunakan sebagai penambah rasa pada makanan, namun bisa juga Anda gunakan sebagai cara menghilangkan komedo hitam.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *