kompascom – 5 Tanda Menstruasi Mungkin Tidak Normal. Apakah menstruasi Anda memenuhi syarat sebagai normal atau tidak biasanya tergantung pada apa yang normal bagi Anda. Menstruasi abnormal terkadang bisa menjadi pertanda masalah kesehatan yang lebih serius tetapi, itu tidak selalu terjadi. Tentu saja, cara terbaik untuk mencapai dasar adalah dengan menjangkau dokter Anda.

Berikut beberapa tanda bahwa haid Anda mungkin tidak normal.

Ada baiknya mengunjungi dokter Anda jika Anda mengalami pendarahan lebih banyak dari biasanya atau melihat pembekuan darah besar.

Jika pendarahan Anda tampaknya sedikit lebih berat daripada biasanya atau lebih berat dari yang Anda harapkan, itu bisa menjadi tanda bahwa periode Anda tidak tepat “normal.”

Dokter menganggap menstruasi terlalu berat ketika suatu periode berlangsung lebih dari tujuh hari atau jika seorang wanita mengganti pembalut basah atau tampon lebih sering daripada setiap tiga jam.

Dr. Katharine O’Connell-White, MD, MPH, direktur, persekutuan dalam keluarga berencana di Boston University / Boston Medical Center, mengatakan kepada INSIDER. Wanita dengan pendarahan berat juga bisa melewati pembekuan darah sementara gumpalan yang lebih kecil dari seperempat baik-baik saja, menggumpal ukuran telur terlalu besar.

Selain itu, jika Anda mengalami pendarahan hebat penting untuk berbicara dengan dokter. Anda dan memberi tahu mereka karena itu mungkin lebih dari sekadar pendarahan berat pendarahan mungkin menandakan sesuatu yang lain.

“Berat pendarahan bisa menjadi tanda masalah struktural uterus seperti polip atau fibroid,” kata Dr. John Thoppil, MD, OB / GYN, kepada INSIDER. Dan, itu biasanya jinak. “Namun, pra-kanker uterus atau kanker dapat hadir dengan perdarahan berat dan harus dikesampingkan pada wanita di atas 35 tahun atau dengan faktor risiko.”

Bercak di antara Menstruasi biasanya tidak terjadi setiap siklus.

Bercak atau berdarah di antara periode bukanlah sesuatu yang harus terjadi setiap siklus sehingga, jika ya. Itu adalah indikator potensial lain bahwa ada sesuatu yang tidak aktif.

“Perdarahan di antara periode sesekali baik-baik saja, tetapi pendarahan antara menstruasi setiap bulan juga tidak normal kecuali Anda sedang dalam pengendalian kelahiran,” kata Dr. O’Connell-White.

Memiliki Menstruasi yang berlangsung lebih dari satu minggu dapat menimbulkan kekhawatiran.

“Sementara setiap wanita berbeda, siklus menstruasi yang khas berlangsung antara 21 hingga 35 hari dari awal satu periode hingga hari pertama berikutnya,” Dr. Rachel Cannon, MD, OB / GYN dari Boston University / Boston Medical Center , kata INSIDER.

“Pendarahan biasanya berlangsung dua hingga enam hari. Periode Anda bisa tidak teratur dalam dua tahun pertama setelah Anda memulai periode pertama dan dalam tiga tahun sebelum Anda mengalami menopause.”

Jika Menstruasi Anda memanjang melewati enam hingga tujuh hari, itu perlu disebutkan kepada dokter Anda.

Melewatkan beberapa periode dapat berarti beberapa hal.

Jika ada kemungkinan Anda bisa hamil, mungkin ada baiknya mengambil tes kehamilan.
Jika ada kemungkinan Anda bisa hamil, mungkin ada baiknya mengambil tes kehamilan.

Jika Anda jarang melewatkan suatu Menstruasi, itu mungkin bukan masalah besar, tetapi masih layak untuk ditangani.

“Jika Anda melewatkan satu periode, ambillah tes kehamilan jika ada kemungkinan Anda hamil,” kata Dr. O’Connell-White kepada INSIDER. “Kadang-kadang dilewati periode normal … tetapi hilang banyak periode mungkin menjadi tanda masalah hormonal.”

Jika menstruasi Anda jauh berbeda dari biasanya, Anda mungkin ingin memeriksakan diri ke dokter.

Meskipun periode atipikal tidak selalu berarti ada sesuatu yang salah, mungkin masih menjadi gangguan serius yang mungkin dapat ditangani oleh dokter Anda.

“Untuk setiap pendarahan (atau kurangnya pendarahan) yang merupakan perubahan baru, atau yang mengkhawatirkan, Anda harus menemui seorang profesional kesehatan,” kata Dr. Cannon

kepada INSIDER. “Evaluasi khas untuk periode abnormal termasuk pemeriksaan fisik, tes laboratorium, ultrasound dan kadang-kadang biopsi. Ada banyak perawatan untuk periode abnormal, termasuk banyak metode pengendalian kelahiran yang umum.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *